Jumat, 19 November 2010

Sejarah Bekal Masa Depan


Sejarah ??? dari sejarah kita telah banyak mengenal tentang kejadian-kejadian yang dialami oleh manusia di setiap zamannya , dari sejarah kita bisa mengambil pelajaran dan kita aplikasikan dalam kehidupan yang serba modern sekarang ini .
Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang bersifat diakronik , yang sangat dipengaruhi oleh perspektif waktu . beda dengan ilmu pengetahuan yang lainnya yang termasuk ilmu sosial/humaniora seperti : ilmu sosiologi.ilmu politik ,ilmu antropologi yang bersifat sinkronik atau bisa diartikan ilmu sosial tersebut sesuai dengan keadaan di setiap zamannya . dengan adanya perbedaan tersebut tapi tetap ada persamaannya yaitu manusialah yang menjadi objeknya dan menjadi aktor utama serta faktor pendukung .
Dengan manguasai ilmu sejarah kita sendiri bisa merekontruksi peristiwa-peristiwa yang terjadi dengan melakukan periodisasi , yang membuat kita lebih mudah untuk memahami dan meneliti setiap peristiwa yang terjadi .
Mungkin kebanyakan orang mengganggap bahwa sejarah hanyalah mengurusi tentang hal-hal purbakala dan tahun-tahun kejadian suatu peristiwa , memang itulah perspektif umum yang terdapat dalam masyarakat , kondisi tersebut bisa terjadi karena mungkin dalam pengajaran tentang sejarah selalu saja terus berkecimpung dan berkutat dengan masa lampau , padahal menurut pendapat para ahli sejarah . kita dalam belajar sejarah janganlah hanya bergelut dengan peristiwa-peristiwa masa lampau tapi kita juga harus bisa menarik benang merahnya dan menjadi bekal untuk kita di masa depan ,sehingga akan muncul suatu pandangan-pandangan dan gagasan-gagasan baru tentang sejarah .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar